Sabtu, 29 Desember 2012

UNIVERSITAS WIJAYA KUSUMA SURABAYA RANK, berapa berapa berapa..... ?????

by Dimas Prakoso on Saturday, December 29, 2012 at 7:09pm

teret tetet tetettttttt... sudah akhir tahun neh. wah pasti teman teman dan pembaca sekalian pada sibuk dengan resolusi masing masing. iyan iya dong bener kan bener dong.... nah biasanya resolusi itu ditulis berdasarkan berbagai macam data dan fakta. data dan fakta ini merupakan hasil selama satu tahun.. nah di akhir tahun ini bursa efek indonesia menempati posisi nomor 4 terbaik se Asia dibawah hanseng hong kong, tokyo, serta nasda SG. nah itu kalo bursa saham, sekarang di ranah pendidikan gimana yah.. saya ga mau nulis yang melebar. cukup kampus tercinta UWKS. dimana yah posisi kampus paling berbudaya ini berada baik di tingkat nasional, regional asia maupun dunia? check these out...



menurut informasi yang saya terima selama iseng mengisi waktu luang. ada beberapa lembaga dunia yang dikenal kredibel dalam memberikan pemeringkatan universitas. 4ICU org / 4 International Colleges and Universities adalah salah satu mbaga survey non profit. mereka sengaja mengeluarkan peringkat universitas di dunia berdasarkan halaman web. mereka melihat dari google rank serta alexa rank. menurut lembaga ini, di akhir 2012 posisi UWKS berada pada peringkat 188 di Indonesia. nah loh dikit banget yak... ini adalah update bulan ini.



sedangkan dari webometric saya bisa mendapatkan posisi uwks per bulan januari, juli dan desember 2012. webometric adalah lembaga pemeringkatan perguruan tinggi di dunia yang paling dipercaya.bahkan beberapa universitas di dunia dan indonesia juga mengambil peringkat webometric untuk iklan mereka. webometric yang berbasis di spanyol melakukan pemeringkatan berdasarkan hal berikut:



The specific areas of research include:

Development of Web indicators to be applied on the areas of the Spanish, European, Latinamerican and World R&D
Quantitative studies about the scientific communication through electronic journals and repositories, and the impact of the Open Access initiatives.
Development of indicators about resources in the Society of Information
Indicators and social networks visualization on the Web with friendly, dynamic and interactive graphic interfaces
Desing and evaluation of documental analysis techniques of Web resources
Genre studies applied to the scholar activity on the Web
Development of applied cybermetrics techniques based on the positioning on search engines of Web domains
Analysis of the information usage through Web data mining of log files





awal tahun ini kampus kita tercinta berada di peringkat 134 nasional dan 10388 dunia. angka 134 bisa dibilang lumayan lah. kita berada hampir di tengah tengah. karena webometric melakukan pemeringkatan terhadap 352 perguruan tinggi indonesia. beralih ke Juli 2012 peringkat UWKS secara nasional turun 20 poin ke 83. namun ada hal ini tidak terjadi pada peringkat dunia UWKS. peringkat dunia kita justru naik drastis ke level 6111. bayangkan dari 10ribu lebih sekarang naik drastis. kita berada tepat di bawah UKWMS dan UNESA. nah selannjutnya bagaimana dengan desember. here we are... pada desember posisi peringkat nasional UWKS tetap berada di level 83. namun peringkat dunia kita naik ke 6109. yah walau masih di kisaran 6100an ga masalah lah.



jujur peringkat ini jauh lebih baik dari 3 tahun lalu. UWKS berada di peringkat hampir buncit baik untuk nasional maupun dunia. di dunia uwks berada di peringkat 9700an. peringkat ini menjadi apresiasi bagi tim IT UWKS. namun kita patut bersyukur jika kampus UWKS menjadi 100 kampus favorit nasional. mungkin darikita masih ada yang skeptis, " itu kan berdasarkan web peringkat aslinya? yakin segitu bisa ajah lebih baik ato lebih buruk".. pendapat seperti itu bener juga. namun yah kita bangga lah dikit dikit sama kampus. kalo kita skeptis terus kapan majunya ini kampus. makanya berbuat dan bertindak dong. kita suka jika kampusnya keren, go international, and so and so, namun buat bertindak rasanya susah banget sih.



sebenernya langkah publikasi oleh tim di kampus sudah gencar sekali. ini perlu kita dukung. jangan serahkan semua sama tim promosi ajah. namun seluruh elemen di dalam juga berjuang. mahasiswanya juga jangan alergi kalo ada ssuatu berbau nasional maupun internsional. jangan jiper dulu.. hajar bleh ajah. birokrasinya kalo sudah urusan lomba, pendidikan dan segala hal berbau nasional maupun internsional jangan susah susah birokrasinya. terus buat stafnya jangan kelamaan kalo terpesona bagitu mendengar ada mahasiswa yang pengen membahana. ini semuak dilakukan demi uwks..



nah resolusi di tahun 2013 sih pengennya biar UWKS makin bisa menggandeng banyak isntitusi asing. biar ada exchange buat fakultas lain juga. kerjasama dengan PPATK, hibah ini itu bagus tapi ditingkatkan. kalo perlu kerjasama tuh sama konjen. sama NGO asing model AIESEC dll.. jangan mereka cuma jadi undangan kalo kita ada event ajah. hehehe.... i wish deh yaaaa....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar