Selasa, 17 September 2013

KERETA EKONOMI AC ATAU MODA TRANSPORTASI LAIN?

udah lewat tengah malam di jogja.. kosku udah sepi banget.. anak anak yang tadi ribut sendiri gara gara nonton bola mungkin udah pada meringkuk dibawah selimut masing masing. mungkin juga masih ada yang online atau apa aja lah.. hehehe.. tapi disini aku justru melampiaskan hasrat ngeblog terpendam ini.. hehehehe

barusan aku mulai iseng googling buat mencari moda transportasi yang pas buat balik ke surabaya tiap minggunya. maklum sejak awal september tahun ini aku resmi hidup di dua kota berbeda, jogja dan surabaya. di jogja aku melanjutkan misi mencari ilmu sedang di surabaya adalah misi mencari pangupajiwo alias kerjaaaa.... sebuah simbiosis mutualisme di dua kota kali ya... hehehehehe...

untuk bulan september ini aku udah mengantongi tiket promo dari kai yang sedang berbaik hati. eksekutif cukup 50 ribu dan bisnis yang hanya 30rb sajah... murah bangeeeeetttt kannn???? awalnya setelah semua tiket ini habis aku berencana buat naik bus ajah ke surabaya. tapi tak pikir pikir maneh lha kok ga efisien ya. niatnya ngirit salah salah malah boros. kenapa, bayangin ajah, kuliahku kelar jam 10 pagi. kalo aku naik bus paling cepet naik jam 12 siang. estimasi jam itu termasuk ngantri trans jogja dari kampus ke giwangan. nah estimasi tiba di surabaya paling cepet jam 8 malamatau lebih, dengan estimasi tiba jam segitu bus kota pasti udah agak susah didapat. selain itu aku masih suka jiper dan ragu akan kemanan bus kota. mau taksi mahal bener yak.. kalo sekali dua kali mah ga masalah. lha ini tiap minggu bertaksi ria dari bungurasih ke rumah yang ada di kawasan nyaris tengah kota, sing nggenah ae reeeekkk.. jebol bandare iso iso...

mau nunggu sancaka sore, lha kok yo mengandung larang jaya. untuk kelas bisnis ajah di kisaran 110 ribu normal. kalo pesen 3 bulan sebelumnya bisa dapat 80 ribu. sama kayak harga eka cepat. kalo naik kereta mau ga mau harus naik taksi buat pulang. secara angkot juga udah ga ada dan ga ada yang jemput pula. *mikir bener.

nah setelah googling ini tadi aku nemu salah satu moda yang cukup representatif dari segi biaya dan waktu tempuh. yakni kereta api ekonomi. sedkitnya ada 4 rangkaian kereta api ekonomi yang bisa aku naikin dari jogja yakni sri tanjung, logawa, pasundan dan gaya baru malam selatan. dari sekian banyak pilihan pasundanlah yang sepertinya paling cocok. kenapa, dari jam berangkat masih siang, jam setengah 2 siang, sedangkan gaya baru agak malam dan aku belum tahu berapa harganya...

nah kenapa mau sih naik ekonomi? hmmmm pertanyaan yang bener bener susah buat di jawab. karena jujur di kepalaku yang namanya ekonomi pasundan masih aja identik dengan bnyak berhenti, rame, banyak asongan, pengamen, dll. tapi apakah benar demikian adanya? ini yang masih harus dicari jawabnya melalui serangkaian testing.. hehehehe... setahuku kereta api ekonomi sekarang itu udah pake ac semua, terus udah dilengkapi polsuska dimana mana, so bisa dibilang relatif lebih aman dari yang dulu. semoga ajah gitu deh ya. hehehehe... dan sepertinya aku memang harus beneran hunting ke lempuyangan soal ini. alasan lain mau pake ekonomi aku rasa perjalanannya ga semelelahkan dulu deh. tapi ga tau lagi sih kalo masih tetep. selain itu aku baru ngantor jumat siang paling cepet, so dengan tiba di surabaya jam 8 malam masih ada cukup waktu buat istirahat. cum yang aku pikirin adalah masalah harga yang ga logis. sempet baca kalo harga kereta ekonomi menembus angka 100rb... gile beneeeeeeerrr... mending gue naik sancaka kalo segitu. namun katanya per tanggal 1 sepetember ada perubahan. dimana harganya turun jadi 55rb. hmm kita liat aja deh apa yang akan terjadi nanti, yang jelas aku mau liat dulu situasinya langsung ke lempuyangan. pasalnya mencari data kereta ekonomi jauh lebih susah dibanding kereta bisnis maupun eksekutif...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar