Jumat, 17 April 2009

PENGALAMAN DIKECEWAKAN KRAMAT DJATI

Setelah baca tetek bengek pengalaman temen-temen yang bepergian dengan bus malam, gw jadi teringat ma pengalaman buruk itu. Pengalaman buruk itu terjadi tepat setahun yang lalu pada Juni 2008, gw lupa tanggalnya. Waktu itu gw lagi ngikutin seleksi masuk sekolah kedinasan di Bogor. Sehingga hal ini mengharuskanku untuk bolak-balik Surabaya –Bogor. Coz ga mungkin gw nginep di Bogor. Biasanya buat berangkat gw milih pake bus, coz punya akses langsung ke Bogor. Kalo pulangnya gw pake kereta dari gambir.
Sebenernya ayahku dah mau booking lorena sebulan sebelumnya tapi kata mbaknya yang di pool lorena arjuno Surabaya mending pesen kalo udah dekat. Dua minggu sebelumnya ayahku datang lagi, tapi ternyata kehabisan coz itu adalah puncak liburan sekolah. Kitapun nyadarin itu. Akhirnya kita dapat kramat djati. Waktu dikasih tau naik kramat djati, jujur gw langsung paranoid. Masalahnya ada banyak banget orang yang dikecewakan ama PO yang satu ini. Tapi gw tetep berusaha buat positif thinking. Apalagi ada sodara yang bilang Kramat Djati juga bagus dan cepet. Selain itu konsentrasi gw terfolus pada rangkaian tes yang bakal gw hadapin.
Waktu itu gw ama ayahku. Kita dijadwalkan berangkat kalo ga salah setengah tiga siang. Jam dua siang kita udah nyampe di terminal purabaya. Waktu terus berjalan. Sampai ada Kramat Djati masuk ternyata itu tujuan bandung. Kita terus nunggu. Dan bis baru datang jam 16.00 telat banget kan. Waktu itu fikiran negative mulai datang. Tapi gw berusaha untuk positif thinking. Jam 16.30 bis berangkat. Tapi anehnya bis ga langsung masuk tol yang nembus ke pantura. Bus justru kembali masuk ke kota dan berhenti sekitar sejam di pool Arjuno. Intinya baru menjelang maghrib kami keluar dari Surabaya.
Selama perjalanan acnya ga dingin sama sekali. Trus ada air yang masuk ke kabin penumpang. Kebetulan waktu itu gw duduk di no 7 C-D tepat didepan smooking area. Air itu merembes di kaca pembatas kabin dengan smooking area. Bis juga sempat berhenti lama banget di deket jembatan plengkung lamongan. Bis juga sering menaikkan penumpang di jalan. Gw sempet heran bis executive koq ga sama aja sama bis ekonomi sih. Gw masih berusaha buat sabar dan positive thiking. Perjalanan terus berlanjut dengan kondisi yang memprihatinkan.
Dari segi makanan yang diberikan kramat jati bener-bener tidak memanusiakan penumpang. Dari snacknya yang ga banget sampai pada makan malam di restoran yang juga ga banget. Bahkan mie yang di berikan pada penumpang sudah basi dan berjamur. Sontak penumpang menghindarinya. Bis berjalan lambat banget.
Perasaan gw mulai campur aduk waktu jam 9 pagi kita masih di indramayu. Seluruh penumpang seolah udah ga sabar. Penumpang marah besar disaat seperti ini bus justru berhenti di retoran dan crew bis masih bisa makan dengan enaknya. Parahnya lagi crew bus seolah menghindar untuk bertemu dengan penumpang. Banyak diantara penumpang yang complain ke mereka. Tapi setiap kali dikomplain setiap itu juga mereka ngeles dan menjauh dari penumpang. Saat perjalanan dilanjutkan terasa panas banget pasalnya ac yang mati itu. Gelombang complain pun terus bergulir selama perjalanan ke Jakarta. Penumpang mulai protes karena bis ga sesuai jadwal.
Sekitar jam 12 bis masuk Jakarta. Tapi penderitaan sama sekali belum berakhir. Bis muter-muter di tol dalam kota. Seolah ga ngerti harus kemana. Akhirnya bis masuk terminal rawamangun. Disana muncul keruwetan untuk penumpang tujuan bogor. Ada crew yang bilang kalo penumpang bogor harus turun di rawamangun trus nanti ada angkutan penghantar ke bogor. Selang beberapa menit penumpang bogor disuruh naik lagi. Mereka akan dibawa ke pool cililitan. Dalam perjalanan ke cililitan crew bilang bis trakir di cililitan. Langsung penumpang bereaksi. Soalnya di tiket mereka bis terakhir di lebak bulus. Di cililitan ada masalah lagi mengenai penumpang bogor. Tapi aku ga turun. Biarin kalo udah fix baru turun. Setelah melihat reaksi penumpang, bis berangkat lagi ke lebak bulus.
Di lebak bulus nasib kami semakin diombang ambingkan. Begitu turun dari bus semua crew bus tidak menghiraukan kami. Bahkan beberapa crew kramat djati sama sekali ga peduli. Kitapun komplen ke seluruh awak kramat djati disana. Tapi mereka menghindari kami. Bahkan ketika kami marah-marah ke smereka, tidak ada satupun crew yang Nampak. Kami lalu di janjikan armada hantaran aka nada sebentar lagi. Namun tiap kali di konfirmasi jawabannya gitu terus. Merasa dipermainkan. Seorang ibu yang kelihatannya pegawai salah satu instans di Surabaya yang sedang dapat tugas ke bogor langsing mendatangi kantor perwakilan kramat djati. Ibu itu menitipkan barang-barangnya berupa satu koper berkas dan dua kardus krupuk ke kita. Ibu itu meledak di kantor perwakilan kramat djati terminal lebak bulus. Sepertinya ibu itu berhasil mengobrak abrik kantor itu. Sekitar 10 menit kemudian kami dibarangkatkan ke bogor menggunakan bus tiara mas kalo ga salah.
Sampai sekarang saya benar2 ga habis piker kenapa pihak PO mengorbankan konsumen. Padahal bisnis yang mereka lakukan adalah bisnis kepercayaan. Bagaimana mungkin kramat djati yang terkenal bagus ternyata masih lebih buruk dibandingkan sebuah bis ekonomi. Jujur aku kapok naik kramat djati lagi. Dan seumur – umur aku ga bakal naik bis sialan itu lagi. Buat temen2 yang mau pergi pake kramat djati, hati-hati dan persiapkan mental kalian. Jangan gunakan kramat djati kalo kalian tergesa-gesa. Mending pake lorena aja yang bagus pelayanannya, dan sebagainya.

1. weh bsk tgl 23 ane naik KD gan..mudah2an lancar2 aja..bus lain dah pd full seat..

Balasan
    1. sory baru balas gan.. bissmilah ajah... gimana perjalannya lancar ndak?

Hapus
  2. ane orang jakarta gan, kuliah di malang, setiap pulang ke jakarta ane selalu naik kramat djati, dan jujur ga pernah ada masalah, ya paling cuma telat berangkat tapi ga lebih dari 30 menit..

3. mungkin itu kelas KD yang tambahan, yang terkadang memang bis yang agak kurang, ga cma KD aja bnyak PO2 lain yang hmpir mirip sperti itu jika bis tersebut, bis tambahan

4. Sy pemakai js bus mlam,rata2 g jauh beda tuh...baik lorena,safari,kd.mgk pas anda aj lgdpt yg gt..

5. Kalau saya setia dgn gajah kebayoran,walaupun kalau dari Sby naiknya di rest area tol ,tapi turunnya enak di pol Kebayoran trus diantar sampai rumah oleh mobil carry supirnya pak Amin...enak capai lsg istirahat.

6. Kalau saya setia dgn gajah kebayoran,walaupun kalau dari Sby naiknya di rest area tol ,tapi turunnya enak di pol Kebayoran trus diantar sampai rumah oleh mobil carry supirnya pak Amin...enak capai lsg istirahat.

7. lagi nyari info agen medaeng nyasar di blog ini, boleh komen ya.. lagi apes kamu bro.. saya dah coba banyak po ya kadang mau kelas SE pun pernah buruk pelayanannya, tapi ga selalu. untuk KD dari datuk saya sudah langganan (paling sering naik ini) jakarta-denpasar, jakarta-sby, jakarta-palembang. kekurangannya ya paling telat berangkat/sampai (ga selalu), jalan ga gas mentok, standar lah. tapi urusan kualitas ya terbukti dari jaman dulu masih bertahan bersaing sama po yang baru2.. KD ini kalau urusan kecepatan slow but sure gitu makanya favorit ibu2 :D

Balasan
    1. iya memang ini apesnya saya saja... hehhehehe... lagian ini juga udah lamaaaaaaa pake bangetttt.. mungkin sekarang udah banyak perbaikan juga... hehehehe...

Hapus
    2. Ga juga tuhh,, saya nunggu dari jam 12 siang sampai jam 4 sore belum berangkat juga,, yg katanya masih di tol, dll,, aku juga trauma,, dan ini udah yang kedua kalinya.. Aku juga gamau naik bis ini lagi besok besok

3. Ibu saya tujuanya di bekasi timur...di turunkan ke lebak bulus...apes..tapi ya sudah...gusti Alloh jihan data...

8. betul gan...ini tmn ku jg naik bis Kramat Djati dr Ponorogo Tujuan Jakarta...msh terdampar di Kendal...td sore bis mogok di Termial Boyolali....sekarang hrs nunggu bis pengganti dr Comal ...pdhal bs di bayangkan jarak Comal Kendal itu jauh....pake banget gan

9. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

10. Huh, kalau kramatdjati memang sudah tidak sebaik dulu. Mulai dari bis antar propinsinya sampai bis antar kotanya. Saya sudah berkali-kali dikecewakan sama Kramatdjati. Sampai-sampai kalau saya mau berangkat dari terminal Baranangsiang, kalau kebetulan yang siap berangkat Kramatdjati, saya mending nunggu. Soalnya hampir setiap kali kita naik Kramatdjati, selalu saja ada masalah. Mulai dari penumpang diturunkan di jalan raya depan terminal Baranangsiang, penumpang disuruh mendorong bis karena mogok di Pasar Rebo, sampai biaya tambahan sebesar satu penumpang untuk menitipkan barang dibawah. Ampun

11. Kmren sore 3org saudara sy naik bus Kramat Djati, dri pd.pinang jkr tujuan palembang, d perjalanan mengalami 5kli bus mogok, akhirnya d desa talang pangeran terpaksa naek angkutan lain krn dg alasan mesin bus harus ad yg d las....klau emg bus kramat djati tidak bisa lg memberikan pelayanan yg terbaik, lbh baik mundur tdk ad lg pelayanan ny...kasihan sm penumpang yg selalu merasakan bus mogok

12. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

13. Klu bisa pelayananya tlg diperbaiki klu perlu situation aja bus armada ini kramatjati