Senin, 04 Mei 2009

SHOCK TERAPY

Dunia memang sudah benar benar gila. Adat ketimuran yang selama ini di dengngkan leh mayoritas orang Indonesia kini mulai terkikis. Bahkan seiring dengancepatnya arus informasi yang masuk. Perubahan itu menjadi tak terbendung. Mentalitas anak bengsa diserang habis-habisan.
Kemarin sekitar jam 4-5 sore gw ngantar sodara pulang ke tulungagung dan Palembang via jogja dari stasiun semut. Gw melihat dengan mata kepala sendiri gimana sebuah nilai adat ketimuran telah benar-benar hilang di benak remaja Indonesia. Yang bener aja ada dua sejoli yang sedang bermesraan di stasiun. dan apa yang mereka lakukan sudah diluar batas kewajaran yang bisa dilakukan seseorang di muka umum. Tanpa ada rasa malu maupun sungkan mereka berdua berpelukan dan (ga perlu gw describe kali ya apa yang terjadi sesudahnya).
Yang gw heran kenapa bisa mereka berdua melakukan itu di muka public. Udah ga punya malu kali ya mereka. Ato malah urat malunya udah pada putus? Yang jelas apa yang mereka lakuain udah diluar batas. Dan mungkin udah “memalukan” kita sebagai warga Negara. Yah terlepas dari alas an mereka melakukan itu di depan public.
Dari pengalaman gw kemarin sore, we may conclude that tradisi kita sudah banyak terkikis dan harus ada sebuah problem solving agar kesopanan yang selama ini diagung-agungkan oleh bangsa ini dapat terus bertahan. Jangan sampai nilai-nilai adat ketimuran benar-benar habis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar