Sabtu, 01 Juni 2013

PENGALAMAN PAPS UGM 3 : SAATNYA BERAKSI

28 MARET THE TEST DATE
Ini adalah hari tes sekaligus hari tergeblek di dunia. Aku bangun pagi itu jam setengah 6 pagi.tapi bukan aku namanya kalo langsung bangun. pasti masih enak enakan tiduran sambil mainan tab. Aku tes jam 8 pagi. Aku juga belum tahu berapa lama perjalana pake taksi antara dagen ke ugm. Aku baru kaget saat jam menunjukkan 6.15 dan aku belum ngapa ngapain. Waduh langsung deh loncat ke kamar mandi. Abis mandi dan prepare waktu udah menunjukkan jam 6.50. aku langsung keluar kamar, menuju ke receptionist minta dicariin taksi sedang aku mau sarapan dulu. Pikirku saat itu wah salah neh aku biasanya kan lama kalo sarapan. Hadeeeehhhhh. Lagi makan dapat separo ada mas dari receiptionist menghampiriku,’ mohon maaf Bapak taksinya sudah siap.’ Aku pun menjawab,’ oh iya mas sebentar ya’. Udah tahu ditunggu taksi aku malah enak enakan nerusin makan. Bagiku memang pntang meninggalkan makan sebelum habis. Aku kaget ketika waktu sudah menunjukkan jam 7 lebih. Aku langsung menuju ke lobi dan keluar.eh disana udah ada taksi. Di taksi si Bapak sopir ngomong,’ lha kok lama to mas?” aku Cuma bisa cengar cengir.
Jalanan di jogja pagi itu cukup lengang.kata pak supir taksi sih memang masih pagi. Ada kejadian konyol ketika taksi udah sampe di deket gramedia jogja. Aku mulai merogoh kantong celana dan betapa kagetnya ketika dompet tidak berhasil ku temukan. Oh gosh.otahlangsung berpikir kerasmencoba mengingat. Ternyata dompetku ketinggalan di kamar. Masih di celana pendek yang aku pakai tadi malam. Akupun sambilcengar cengir langsung ngomong ke bapaknya,’ pak kayaknya kita harus balik lagi ke hotel deh.dompet saya ketinggalan’. Konyol pak…..wkwkwkwkwkw… si Bapak langsung mengeluarkan sisi wisenya. Menasehatiku untuk ndak grusa grusu. Aku seperti ga lagi ama sopir taksi tapi ama sodara hahahahaha. Setelah si dompet berhasil terselamatkan, aku menajutkan perjalanan lagi. Ada satu hal yang aneh. Meski tadi sempat balik dalan tapi argo masih ttep 30ribu. Berarti kan taksi di jogja murah bangettttt.
Sesampainya di psikologi UGM aku lihat ada banyak orang bergerombol di salah satu pojokan. Betapa kagetnya saya ketika lihat banyak orang mulai yang seumuran sampe yang memang sudah berusia pada belajar.seolah mereka mencari sudut masing masing buat belajar.waduh kok sinau kabeh lha aku opo sing tak sinauni. Hahahahaha. Aku Cuma bisa melihat mereka belajar. Sebagian mereka terlihat berpikir keras untuk menghafal rumus dan jawaban. Sisa waktu yang singkat itu aku pake buat liat nomor tes yang terpasang,
Ketika sudah di dalam baru aku ketahui kalo tes paps ini digunakan untuk mengukur tingkat kesusksesan seseorang ketika kita mendapatkan kesempatan untuk menempuh pendidikan yang lebih tinggi. Peraturan tes pun sedikit konyol kalo aku bilang,’ kami tahu tidak semua orang dapat mengerjakan semua soal yang ada dalam tes ini tapi kami tetap mengharap anda untuk melakukan semaksimal mungkin’, hlah kok mbuet, asline tinggal bilang silakan dikerjakan dengan baik. Hahahahaha
Ada tiga kuadran besar jenis tes disini yakni kemampuan verbal, kuantitatif, dan spasial. Kemampuan verbal melipti sinonim, antonym, analogi kata, dan kalimat. Kemampuan kuantitatif meliputi deret angka, persamaan aljabar linier, bangun ruang, logika matematika dll. Sedangkan kemampuan spasial meliputi gambar yang kaya di psiko tes. Ada yangmebedakan paps dengan psiko test biasa. Pada nomor 89 sampe 96 kalo ga salah kita diminta mencari hubungan dari tiga buah benda sesuai dengan gambar jawaban. Masingmasing tes kemampuan diberi waktu 40 menit. Kita tidak boleh membuka jenis tes berikutnya sebelum diminta dan tidak boleh kembali ke jenis tes sebelumnya ketika masih ada waktu. Kita juga diminta menuliskan dengan tangan bahwa identitas yang dituliskan adalah benar adanya. Praktis tes dimulai jam 8.30. namun jam 8.00 semua peserta sudah wajib masuk ruangan. Kami dipandu untuk mengisi LJK.
Jam 10.30 tes selesai masih ada waktu buat balik ke hotel. Aku langsung telpon taksi. Saat itu aku di kasih nomor tasi jas sama mas Feri Anggara. Ada yang membedakan blue bird dengan jas. Jika blue bird mereka akan langsung memproses pesanan taksi kita setelah telepon ditutup dan akan menghubungi ketika taksi udah sampai. Sednagkan jas tidak, mereka meminta kita untuk menungu proses mencari unit. Ini memakan waktu lumayan lama. Baru setelah itu mereka menginfokan nomor lambung unit kita. Haduuuhhh ga efektif deh rasanya. Saat balik ke hotel aku sekalian mampir beli oleh oleh. Jam 11 lebih aku sampe hotel. Setelah packing aku sempatkan buat mandi. Setelah mandi aku cek out. Namun mampir dulu ke restonya hotel buat makan siang. Jam 2 an aku berangkat ke stasiun. Akhirnya dengan perasaan senang aku meninggalkan jogja dengan argo wilis untuk menuju ke destinasi berikutnya.