Senin, 07 Mei 2012

SEMUA BERAWAL DARI PRA DIKLATSAR LX SAT MENWA 823 UNIVERSITAS WIJAYA KUSUMA SURABAYA

SEMUA BERAWAL DARI PRADIK, Sebuah Memoar
by Dimas Prakoso on Friday, April 27, 2012 at 7:38pm ·

kali ini aku ingin cerita skelumit cerita persahabatan... semua itu berawal dari pradiklatsar. sebuah tahapan yang harus dilalui oleh seluruh calon anggota resimen mahasiswa sebelum berangkat pendidikan dasar. hampir empat tahun silam, peristiwa ini tetjadi.

aku ga ngerti harus mulai dari mana. tapi yang jelas sore itu saya merapat ke mako. setelah melakukan persiapan perlengkapan pradik berasama Mario Igo. Mario adalah salah satu yang bertahan dari proses 'seleksi alam ' yang terjadi pada camen saat itu. sore itu saya tahu jika peserta pradik bukan hanya kami berdua. melainkan ada satu lagi bernama ferdi. namun aku sekalipun belum pernah berjumpa dengan dia. mungkin ini karena aku yang kuliah pagi dan ferdi kuliah malam.

aku ingat betul malam itu ferdi seolah menjadi most wanted people. dialah yang paling ditunggu karena datang paling larut. aku udah gedeg banget saat itu.. ini bocah niat ga sih.. sebel deh intinya.. belum lagi pas inget dia datang ke mako tanpa membawa perlengkapan satu pun.. bahkan ga ikut raid gam seperti aku dan mario... sedikit ga terima pastilah... apalagi dg penampilannya saat itu.. hadeehhhh...
*tepok jidat
** sorry fer lu mau gw jujur kan...

besoknya acara pradikpun dimulai... belum belum agenda udah padet banget.. dimulai dengan ormed yang lumayan lah... cuma saat itu yang menguatkanku kalinat mario saat blanja perlengkapan, " halah mas kita di menwa ga diapaapain kok beda dengan ekskulku di sma dulu '.. oke balik ke topik.. abis ormed ferdi tumbang duluan.. pas istirahat itu dia sempat jiper.. dia merasa belum belum udah begini berat gimana ntar.. fikiran gue saat itu cuma yah ini bocah... baru begini udah jiper.. gue lho enggak... tapi ternyata faktapun berganti hanya dalam hitungan jam.. sore harinya giliran gw yang terjun bebas.. mental gue abis se abis abisnya... giluran gue yang minta pulang.. trus gimana ama si ferdi.. yang jelas dia udah jauh lebih kuat.. ga kaya tadi pagi.. bahkan kalo ga salah inget kita berdua juga sempet pengen pulang barengan deh... jujur waktu itu kasian banget ama mario.. maaph ya ndan... hehehehe... akgirnya kita juga sempat saling menguatkan...

stelah pradik si ferdi terpaksa ga bisa berangkat pendidikan karena harua nguris dokumen kabtor.. alhasil cuma gue ama mario ajah yang berangkat diksar. itu juga yang nyebabin latsar kita beda. aku ama mario 60 dan ferdi menunda sampe tahun depannya. sehingga dia termasuk latsar 62.

pulang dan kembali ke dunia nyata adalah hal yang ingin aku rasakan setelah upacara penutupan diksar berakhir. saat itu kami berdua dijemput mbak puspa. selanjutnya kami jalan keluar lemdik. dan orang pertama yang saya temui saat itu adalah ferdi... dia datang dengan senyumannya .. ga tahu kenapa... meski hari hari sejak kelar pradik sampe berangkat diksar seribg selisih paham, tapi ngliat ferdi saat itu udah seneng banget... hehehehe... padahal " pesta " belum selesai.. kami masih harus ikut prosesi raid baret.

raid baret dilaksanakan di jolotundo. sebelum ke lokasi kami harua jalan jauh dulu. menerjang panas dan hujan.. bahkan hampir kesurupan juga.. hahajaaha... meski ga ikut pendidikan ferdi tetep ikut raid baret. ini dilakukan karena dia mau berangkat pendidikan tahun berikutnya.. meski menurut juklak sebenernyq ga boleh sih.. cuma komandan saat itu membuat kebijakan demikian.

pasca raid baret kami kembali ke kampus.. mendedikawikan diri pada kegiatan di lingkungan univeraitas wijaya kusuma surabaya. selain aktif di menwa, ferdi juga aktif di sejumlah organisasi lain baik di tingkat jurusan, fakultas maupun universitas. awalnya kami smpat takut kalo ferdi bakal berubah mind setnya. tapi ternyata tidak. dia dapat memisahkan hal itu dengan baik sekali. bisa dibilang ferdilah pembuka jalur komunikasi menjadi lebih baik dengan mereka yang kami anggap radikal.

sosok ferdi ini sebenarnya sangat baik. dia care sama semua orang. tapi ga tau kenapa gue hobi banget berantem sama dia. mungkin ini karena perbedaan usia kami yang jauh.. aku saat itu belum bisa menerima pola pikirnya. demikian juga dia yang mengalami kesulitan dalam komunikasi dengan kami. dulu rasanya ga afdol kalo ga berantem pas ketemu ferdi. masalah sekecil apapun bisa bikin kita debat alot.

tapi sejak aku bekerja, pelan tapi pasti aku bisa memahami pemikirannya. komunikasi juga bukan masalah lagi. bahkan kami pernah sama sama sepemikiran buat ngambek bareng... hehehe... aku yakin pasti ga ada yqng tahu kan kalo aku ama ferdi pernah janjian ngambek bareng... hehehe...

kini dia sudah di wisuda tanggal 14 kemarin... rasanya susah dipercaya... sebentar lagi aku akan kehilangan teman, sahabat, temen berantem, temen curhat, kakak dll. selamat jalan ferdi... selamat berkarya membangun kampung halamanmu yah... dan akhir kata... aku ingin mengutip salah satu kalimat dalam film mengejar matahari selaligus soundtracknya

" hari ini dimulai bukan ketika kita membuka mata tadi pagi
tapi hari ini dimulai jauuuuhhh sebelum itu

orang boleh saja datang dan pergi dalan kehidupan kita
bagaikan ombak yang datang dan pergi silih berganti di pantai

tapi yang namanya sahabat sejati.. pasti akan selalu ada dihati..."

winter spring summer or fall
now all you have got to do is call
lord i'll be there yes i will
you've got a friend

4 komentar:

  1. sukses selalu untuk Dimas, Mario & Ferdy

    BalasHapus
  2. sekedar masukan, di Menwa kita belajar berorganisasi, jadi jangan menjadi eksklusif, terutama anggota 823 dulu menjadi motor organisasi2 lainnya, terutama Mapala Kawaru itu yg monumental, juga beberapa UKM lainnya

    BalasHapus
  3. terimakasih mas.. wah ternyata ke detct juga sama senior postinan saya di blog pribadi... sekelumit kisah tentang 823...

    BalasHapus
  4. Tak Kan Nyerah Sebelum FINISH......

    BalasHapus