Senin, 07 Mei 2012

HOW TO REACH BALI ( ke Bali naik apa yah??? )

bali... hmmm semua orang pasti udah tahu pulau yang satu ini. destinasi wisata terbesar di negeri ini.. bahkan wisatawan asing terkadang lebih kenal bali daripada Indonesia.. heyy that the real fact dude... eksistensi bali sebagai destinasi wisata tak perlu diragukan lagi. tapi tahukah temans gimana mencapai tempat ini?

ketika ditanya kaya gini bakal muncul banyak jawaban.. mulai yang paling praktis yakni pesawat sampe yang paling ribet sekalipun... karena jawaban tergantung lokasi teman teman berada..

bagi yang tinggal di kota besar tinggal di kota besar dan berdompet cukup tebal bisa bilang pesawat. tinggal tunjuk maskapai dan tibalah di bali. tapi kali ini saya akan membahas ke bali dari kota terbesar kedua di Indonesia yakni Surabaya.

kita mulai dari berangkat. ada banyak alternatif kendaraan sebenernya. lagi lagi faktor ketebalan dompetlah yang dominan. bagi yg waktunya terbatas n kebetulan ada duit ya udah pesawat ajah.. tapi gimana kalo yang berduit ga tebel tebel amat? nah lo... bisa coba beberapa moda transportasi ini.. urutan penomoran dalam tulisan ini tidak berbanding lurus dengan prioritas yah..

1. bus..
moda transportasi ini sering dipakai lho.. dan variantnya juga banyak. mulai bus ekonomi sampe bus executive ada semua. bus direct surabaya - denpasar juga banyak banget loh.. rentangan harganya 110rb sampai 140 rb. itu harga mau peak atau off peak yah segitu.. aku kemarin naik gunung harta dan dapat harga 140. temen ada yang naik bali perdana dapat 110. dia belinya langsung di terminal sesaat sebelum berangkat. sedang aku bei tiket di kantor Gunung Harta kawasan makam peneleh surabaya.
aku sih rekomendasikan pake gunung harta yah.. tapi review selengkapnya akan dimuat nanti. saran mending pake bus eksekutif ajah.. lebih enak. bus eksekutif kita dapat makan malam ama snack loh. tapi kalo bus ekonomi ga dapat kayaknya.. kalo berangkat udah pake bus ya udah pulangnya bus ajah lagi. kecuali pengen nyoba moda lain. kendala bus adalah macet yang kadang teramat sangat di sekitar paiton

2. travel
ini juga salah satu opsi yang layak dipertimbangkan. harga travel untuk ke denpasar sangat bervariasi. mulai sekitar 125 rb sampe yang 300 rb juga ada kali ya.. fasilitas travel sih standart. door to door service adalah yang mereka andalkan. jika pake bus kita harus naik turun di ubung atau agent, kalo travel kita dijemput ke lokasi.. untuk waktu tempuh kadang masih lebih cepet bus..

3. kereta api
nah loh kereta api... emang keretanya nyemplung laut? itulah pertanyaan pertama sebagian besar dari kita.. ya kagak lah.. PT KAI memiliki layanan surabaya denpasar dg kereta api. nah kereta yang dipake itu mutiara timur siang dan malam. teknisnya neh penumpang dari surabaya naik kereta sampe stasiun banyuwangi baru. nah langsung dilanjut dg bus yang sudah disiapin ama pt kai. penumpang ini sering disebut dg pengguna titam. tiket antar moda. bus yang digunakan adalah milik damri. jadi dari stasiun sampe ubung kita naik bus
keretanya ada dua kelas, eksekutif ama bisnis. untuk rentangan harganya sih atara 165 sampe 205 rb buat eksekutif.. sedang bisnis di peak season 170rb.. kl mau pake kereta biar murah hindari deh jumat ama minggu malam...
saran aja neh.. naik kereta dari sby mah oke ajah tapi kalo dari denpasar, abis liburan aku bilang mending bus ato travel deh... kalo kereta agak riweuh.. nunggunya di banyuwangi lamaa.. selisih antara kedatangan bus titam dg keberangkatan kereta ada 2 jam-an.. keburu pegel nih badan nunggunya.. aku memang railfans... tapi kalo gini mah bete juga.. udah malem juga, keburu capek.. tapi kalo laper ga usah khawatir.. sekitar stasiun banyuwangi banyak warung kok.. jadi bisa ngusir jenuh..

by Dimas Prakoso
at Stasiun Banyuwangi Baru dan eksekutif 1 Mutiara Timur
8 April 2012 pkl 21.38 WIB

10 komentar:

  1. naik kai dari denpasar bis nya di ubung ya

    BalasHapus
  2. tanya gan,,,
    kalo beli tiket mutiara timur dari denpasar, kita naik bus nya dari mana ya?

    BalasHapus
  3. boleh tanya ya, kalo bus probolinggo - bali ada gak ya , soalnya saya dari bromo dulu ntar :)
    pls bantuannya

    BalasHapus
  4. kalo dari surabaya naik darimana ya? jauh ga dari bandara?
    perjalanan dari surabaya ke bali berapa jam ya?

    BalasHapus
  5. Bos... Ada ga slain bus gunung harta yg lbih enak+nyaman+mantab. Trutama sopir yg tdk ugal2an.
    Thank's.

    BalasHapus
  6. waduuuhhh maaf semuanya... mungkin telat jawabnya.. tapi mau coba jawab deh... kalo naik KAI elinya di ubung ajah... atau belinya terpisah juga bisa kok

    bus probolinggo bali aku ga janji ada ya.. kalopun ada harus ke teminal probolinggo dulu..

    so far menurutku gunung harta yang bagus.. tapi selain itu ada alternatif lain kaya restu mulya atau wisata komodo

    kalo dari surabaya bisa naik dari pool di peneleh atau terminal bungurasih... dari bandara bisa pake damri bandara 20rb... ke bali paling ga 12 jam lebih dikit lah

    BalasHapus
  7. klo dri kuta mau ke gilimanuknya pake angkutan ap gan?thks

    BalasHapus
  8. naik taksi atau angkutan umum ke terminal ubung ya... nanti dari ubung ganti bus, bisa langsung naik bus ke arah yang dituju.

    BalasHapus
  9. mas mau tanya prosesnya dari st. banyuwangi langsung dioper gitu ke damri, tinggal tunjukan tiket aja?

    nah kalo dari denpasar kita beli tiket kereta denpasar-surabaya , gmn? naik damri dulu , baru sambung kereta dari bwi ke surabaya? kalo dari denpasar naik damri dr mana?

    makasih maaf banyak, mohon balasannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas fahmi... bener sekali seperti yang disebutkan... kalo dari denpasar naiknya dari ubung. kalo ga salah jam 2 atau jam 3 dari ubung.

      Hapus