Selasa, 17 Mei 2011

HASIL PENILAIAN OBS CREW KELAS X

baiklah hari ini akan saya umumkan hasil penilaian terhadap kualitas Obs Crews SMAN NGUNUT. sebelum saya post hasil penilaian lebih jauh, saya jelaskan dulu mengapa saya merasa penting utuk membuat test ini.

adapun alasan saya untuk membuat test semacam ini adalah karena saya ingin memetakan kualitas crew kelas X tahun ini bagaimana. dan tentu saja mencari bibit bibit cemerlang obsesi. walau memang saya akui semua yang sudah masuk ke obsesi pastilah anak pilihan. dengan berbagai kelebihan dan kekurangan masing masing yang senantiasa harus sering di upgrade. karena berdasarkan pengalaman yang sudah sudah saya yakin bahwa obs crew memang bukan orang sembarangan. sejelek jelek crew dia masih punya bargaining power yang relatif besar di luar.

tes yang saya buat kemarin adalah menugaskan obs crew kelas X untuk membuat sebuah tulisan yang sebenarnya bertema.

GET INVOLVE!!!! 10th grade for the next obsesi

namun tampaknya banyak yang menyalahartikan tema itu menjadi

get inform the ten great for the next obsesi

beda jauuuuuuuhhhh buuuuuuu.... saya ga tau kenapa bisa terjadi miss tema seperti ini. padahal ketika saya tanya udah jelas belum semua bilang udah. dan saya juga berulang kali menyebutkan tema bahkan beberapa kali saya juga sempat mengeja word by word, so kenapa bisa salah. bagaimanapun juga saya tetap meminta awal.
pemilihan tema tersebut bukan tanpa dasar. tema yang saya berikan adalah sama dengan tema Indonesia Youth Exchange Program. sebuah program pertukaran pemuda ke kanada, australia, kapal asena jepang, korea selatan, malaysia. jika di PPAN 2010 tema yang diangkat adalah GET INVOLVE !!! Indonesian Youth for global issues.

selama penugasan saya juga meminta devita menjadi koordinator kelas X, dan Vindi sebagai koordinator kelas XI. dimana siswa kelas X akan didampingi satu siswa kelas XI dalam hal pembuatan dan pengawasan. sebenarnya saya juga ingin melihat pola kepemimpinan dua orang ini. sberapa efektif dia menggerakkan massa. disini baik devita dan vindi sudah cukup baik. cuma ada satu hal yang saya harapkan. sebenarnya saya tetap ingin deadline akhir bulan. namun di tengah tengah saya ingin melihat kalian bisa kerja dalam deadline ketat atau tidak. alhasil saya sengaja memajukan deadline. rencananya pas h-1 sebelum deadline yang dimajukan sekitar tgl 23, saya akan kembali memberi pengumuman bahwa deadline kembali mundur. namun sejak tanggal 18 sudah ada yang masuk dan tiap hari saya terima email dari adek adek. ya sudah saya tidak jadi memundurkan. sebenarnya yang saya ingnkan adalah devita dan adek adek mendebat saya habis habisan dan meminta deadline diundur. karena saya sangat paham saat itu kalian sedang sibuk. devita sebenarnya sudah cukup gigih mendebat saya. namun mungkin karena ga ada temannya ya sudah dia akhirnya nyerah juga. kenapa saya ingin kalian mendebat, karena saya ingin kalian bersuara dan mengeluarkan pendapat, serta membantu teman seangkatnmu yang saya jadikan sasaran tembak, yaitu devita. masa iya temennya udah jadi sasaran tembak yang seangkatan ga mau tau???

dalam penulisan tes seperti ini yang sangat diharapkan oleh panitia adalah sesuatu yang berasal dari hati. saya sama sekali ga butuh tulisan yang terlalu formal namun kurang dari hati. juga tulisan yang seolah menggambarkan diri se perfect mungkin. karena no bodys perfect kan... tujuan penulisan ini adalah penggambaran diri kalian. apalagi temanya GET INVOLVE !!! the 10th grade for the next obsesi. berarti saya ingin kalian mempunyai kontribusi nyata buat obsesi nantinya. apa yang akan kamu lakukan buat obsesi. bukannya reportase obsesi. dan juga bukan sebuah JUSTIFIKASI tanpa adanya solusi, kenapa? karena di negeri ini sudah terlalu banyak manusia nyinyir yang bisanya mengkoreksi namun tidak memberi solusi. jangan sampai kalian seperti itu. ini adalah fundamental penting untuk mempersiapkan diri kalian terjun ke masyarakat nantinya.

atas dasar alasan transparansi, saya akan mengumumkan delapan aspek penilaian yang saya. walaupun tidak ada keharusan bagi saya untk merelease ini semua. berikut aspek penilaiannya
1. comitment
penting dimiliki oleh siapapun dan dimanapun. comitment terlihat dari tulisan, pengetahuan kalian tentang obsesi, komentar komentar tentang obsesi apakah itu membangun atau menjatuhkan didukung dengan argumen argumen.
2. manajemen waktu
dalam dunia media waktu adalah nomor satu. seseorang yang bekerja di dunia media harus bisa memperhitungkan waktu, demikian juga obsesi. parameter saya disini ada pada jam, menit dan detik email masuk ke saya
3. distinguish point
pada ponit ini saya menilai kejelasan tulisan kalian. apakan menuju pada satu titik, atau justru bias dan mengambang. saya hanya memperhatikan content apapun gaya bahasanya. point yang jelas akan memudahkan seseorang dalam bertindak karena dia sudah memiliki fondasi kuat dan arah tujuan yang jelas.
4. personality
bagaimanapun juga personality yang baik juga harus dimiliki oleh insan media. dalam test ini saya menilai personality dari gaya cerita dan argumen argumen kalian. serta beberapa unsur implisit lainnya
5. logic
point ini saya menilai seberapa logis saran dan ide kalian buat obsesi. apakah bisa direalisasikan atau tidak. argumen kalian yang kuat terkait teknis pelaksanaan bisa mendongkrak nilai disini
6 inovasi
dalam hidup kita harus selalu berinovasi. termasuk kalian yang masih muda, harus invatif dong. saya menilai dari ide dan solusi yang kalian tawarkan. merupakan sesuatu yang baru atau hanya recycle
7. IT
seorang awak media harus selalu update dan paling tidak tahu perkembangan teknologi dimanapun lokasi kalian. saya menilai penguasaan IT dari kemampuan meng attach email, posting di blog dll.
8 team work
kerja media adalah kerja tim. sehingga saya sangat menekankan point ini bagi kalian. saya melihat team work dari content tulisan, dan kecenderungan penulisan kalian.

dalam test ini standart kelulusan minimal saya adalah 75
ada tiga warna dalam tabel, merah berarti failed, kuning berarti warning, dimana dia harus mengupgrade sisi itu, dan hitam berarti lulus.

satu pesan saya bagi adek adek obsesi. jangan melihat hasil test ini sebagai sesuatu kalah dan menang atau siapa lebih jago dari siapa. namun lihatlah tes ini untuk mengetahui seperti apa sebenarnnya kalian dan sisi mana yang harus ditambah mana yang harus di upgrade. test ini hanya ingin memetakan kalian saja. saya sangat tidak berharap setelah membaca hasil tes kalian merasa down, justru kalian harus bisa menatap langit dan tunjukkan bahwa kalian bisa. bagi yang lulus saya juga tidak ingin kalian ikut andil dalam membuat teman drop. justru kalian harus saling memotivasi.

berikut tabelnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar