Selasa, 30 April 2013

PENGALAMAN PAPS UGM 1 : PREPARATION

Kali ini aku akan menshare pengalaman untuk mengikuti tes PAPs UGM. Awal mendengar nama PAPs rasanya haduuuuuhhh makanan apa lagi sih itu? Sama sekali ga ada bayangan seperti apa tes ini. Makanya aku memilih sedikit gambling melakukan tes sendiri. Seperti yang tertulis dalam web UGM kalo yang namanya peserta s2 harus memiliki sertifikat PAPs dengan score minimal 500. Usut punya usut yang namanya PAPs ini sebenernya sudah include dalam UM UGM. Dimana biaya UM UGM ya sama dengan pendaftaran yang 500 ribu itu. Namun aku kan belum tahu sama sekali model tes ini. Jadi aku merasa tertantang buat ambil tes sendiri. Mungkin sebagian akan ngomong,’ halah ngapain sih repot-repot, kan biaya tes ini udah include’. Tapi pendaptku lain. mengambil tes PAPS sendiri berarti kita jadi tahu kemampuan diri. Just in case nilai kita tinggi, so udah ga perlu lagi ikutan UM UGM kaaaannnn…. Jadi yah tebak tebak buah manggis lah…
Niatan buat ikutan tes PAPS udah ada sejak sebulan sebelumnya. Namun realisasi dari tes ini berawal dari keisengan liat tiket KAI. Waktu itu aku coba coba hunting tiket KA online di web PT KAI buat tanggal 27 maret Surabaya-Jogja. Aku terperanjat arena saat itu ada promo, sancaka bisnis Cuma 35ribu, sedang eksekutif 50ribu sajaa… kurang untung apa ga tuuuuuhhh???? Betapa senangnya hatiku sampe aku ambil tiket itu. Padahal jujur aku belum tau mau ngapain ke jogja. Tapi udah mulai persiapan buat PAPs juga sih waktu itu. Aku udah mulai belajar disela sela jam kantor.
Tiga hari kemudian, sambil nyantai aku coba mengunjungi the most wanted site of the month, UM UGM sama Paps UGM. Aku liat lag jadwal tesnya. Elahdalah kok ada yang tanggal 28 maret yaaa.. wiiiihhh seneng banget bisa pas begituuu. Mana dapat murah lagi tiketnya… senangnya hatiku. Hahahahaha *jogetjoget. Nah sejak itu,paginya aku langsung coba pergi ke BNI di darmo park sebelah kantor. aku ke BNI pun sebenernya gambling juga, Karena informasi yang aku dapat bahkan dari pihak UGMnya sendiri ga yakin kalo pembayaran bisa dilakukan dari BNI luar Jogja. Sedangkan mbak Ambar yang notabene mantan temen sekantor dan kini pindah ke BNI ngomong kalo bisa kok dari BNI mana ajah. Bahkan aku sempat disuruh ke BNI cabang Perak tempat dia kerja. Haduuuuuuuhhh mengandung adoh jaya. Rumahku ndek daerah kupang, sedang mbak ambar nyuruhnya ke peraaakkk.. tidaaaaakkkk. Dan setelahn akhirnya aku pun bisa mendaftar PAPs via BNI Darmo Park. Waah makin deket ajah ama yang namanya PAPs. Hehehehehehehe

PENDAFTARAN ONLINE
18 Maret adalah the most wanted day.berdasarkan informasi ang aku dapatkan dari Bapaknya di psikologi UGM, beliau menyarankan untuk daftar secepat mungkin. Karena kuota terisi penuh dalam waktu 2x24 jam setelah pendaftaran dibuka. Alhasil pada 17 Maret aku memilih buat balik dari kantor agak malam. Kenapa? Biar bisa melek sampe jam 12 untuk daftar online. Alasannya satu sih. Ga pengen tiket kereta hangus. Soale tiket promo itu ga bisa di refund. Hehehehehehehe. Kan lumayan itu 50 ribu.
Dengan sedikit memaksakan diri dan melawan kantuk, sekitar jam 11.45 aku bener bener terbangun dari tidur ayam di sofa ruang tamu.apalagi kalo bukan buat daftar. Langsung saja saat itu aku daftar ke PAPs UGM. betapa kagetnya saya kalo jam 00.05 sudah ada 3 orang yang terdaftaaarrr.. halooo niat banget yaaa orang orang ini.
Proses registrasiku sendiri memakan waktu ga kurang dari 3 – 5 menit lah. Dan aku langsung terdaftar. Cuma aku merasa ada yang ganjil deh. Kenapa kok ga ada notifikasi kita telah terdaftar atau belum. Gimana ngeceknya coba? Wah aku mulai galau tuh. Alhasil setelah hamper tiga jam menunggu tanpa hasil. I raise white flag. Aku sudah cukup ngantuk. Dengan tanda Tanya besar di kepala aku ga bisa tidur dengan nyenyak.
Tanggal 18 mulai jam 9 pagi aku berusaha telpon ke psikologi UGM tapi sibuk terus. Dengan mengumpulkan kesabaran akhirnya mereka bisa dikontak sebelum jam 12. Tapi udah jam 11 lebih sih. Saat itu aku tanya ke Bapaknya,” kenapa kok ga muncul notifikasi. Ini udah terdaftar atau belum? “. Terus si Bapak meminta identitasku. Aku sebutkan dan aku memang sudah terdaftar dengan nomor tes sekian. Trus konyolnya si Bapak ngomong,’ iya e mas. Dari pagi udah banyak yang kasusnya kayak masnya. Kalo yang periode tanggal 14 kemarin lancar mas. Lha kalo periode ini kok eror ya mas? Saya juga bingung kok bisa eror?’. Whaaatttt aku Cuma bisa tahan nafas dan berkata dalam hati,” whaaatt??? Lha memang aku sing gawe sisteme ta? ’hahahahahahahaha.

39 komentar:

  1. Balasan
    1. alhamdulillah... selengkapnya bisa di baca di postingan berikutnya

      Hapus
  2. Waahhh, mantab usaha kerasnya utk PAPs UGM....

    Saya juga camaba pps UGM, utk 6 Juli nanti masnya ikut tes PAPs lagi apa menggunakan hasil PAPs yg bulan Maret itu?

    Semoga kita sama-sama keterima di UGM.. #hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah lulus mas... oh iya mas midun add aku ya.... kita ngobrol di fb aja yah

      Hapus
  3. Mas, daftarnya dimana ya? Minta linknya donk..kok ak cari adanya da minta login ma passwrd, itu dpt drmn ya? Trs ak tanya lsg ke psikologi ugm ktnya byr dulu di bni br dpt login ma passwrdnya, bnr ga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyups bener banget... datang ajah ke bni seluruh indnesia bilang transfer host to host ke ugm buat bayar tes paps... coba googling dengan keyword psikologi ugm

      Hapus
  4. Mas punya soal2 utk latihan gak?sy berencana ikut tgl 28nov bsk

    BalasHapus
  5. waduuhh maaph maaph ga sempet bales... di gramedia banyak kok bos

    BalasHapus
  6. mas kan aku dftr paps nih, bayarnya di bni kan? nanti qt cm bilang mau dftr test paps ugm gt aja y? tellernya dah paham ya?

    BalasHapus
  7. oh ya, maksud bayar host to host to gmn sih mas? byar lgsung gt ya?

    BalasHapus
  8. iya jadi bayarnya langsung di BNI, bilang mau host to host bayar tes ke UGM. nanti sama si mbak teller langsung di proses,awalnya dulu aku juga sempet bingung gimana bayare.. tai setelah ke bank ternyata cuma tinggal gitu tok.. semoga masih bermanfaat ya jawabanku.. maaf lagi UAS ini UGMnya.. jadi ga sempet ngeblog

    BalasHapus
  9. Aq jg udah daftar paps tgl 9 jan kmaren dan hasilnya 422..itu masih bisa dimasukkan tuk syarat pendaftaran s2 g yaa...apa harua ngulang ujian lgi.?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ikut UM UGMnya ajah.. anggap ajah yang kemarin pemanasan... berarti kan udah tahu kurangnya berapa... beli buku latihannya juga ada kok... semangat yaaa...

      Hapus
  10. Mas sy mau daftar utk tes tgl 27-2-2014, tanggal pendaftaran 17-20. jd apakah pembayaran tes tersebut dimulai tgl 17-20 atau bisa dr sebelumnya...
    makasih sebelomnya mas..??

    BalasHapus
    Balasan
    1. pembayaran bisa dilakukan kapan saja.. kalo pendaftarannya.. usahakan tanggal 17 jam 00.00 udah dilakukan ya... biar bisa dapat kuota..

      Hapus
  11. Makasih infonya mas, yang saya baca kalo nilai gak cukup kita bisa juga msk dg pakai surat pernyataan gitu. Berhubung saya jauh mas, renc mau ambil paps lbh cepat. Takutnya gak lewat jd gak mesti ikut dua kali atau ada saran lain mas. Berat diongkos soalnya. Makasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. mau daftar yang tes waktunya kapan mas ? siapa tahu bs barengan ??? hehehe

      Maklum orang jauh jg :D

      Hapus
    2. halo mas muslim, salam kenal

      Asli mana mas? kalo saya rasa kalo misal berat diongkos buat mondar mandir ke YK mending ikutan yang UM UGM ajah.. soalnya kan nanti record tes diambil dari itu.

      Hapus
  12. Asslm. gan mau nanya dong kalau mau daftar buat tes PAPs + ACEPT di UGM bayarnya harus dekat waktu tesnya atau bisa kapan sj ??

    Terimakasih, mhon infonya mas :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. waalaikumsalam... kalo bayarnya boleh kapan saja mas.. tapi kalo daftarnya sesuai dengan jadwal. coba di cek lagi mas di web maslah jadwalnya. kemarin saya dapat file dari direktorat akademik, yang isinya jadwal paps ama acept.kalo dilihat sepertinya seminggu ada yang sekali ada yang dua kali. yang jelas sekarang dua sesi. sesi pagi dan sore, baik paps maupun acept.

      semoga bermanfaat

      Hapus
    2. Ia mas terimakasih atas infonya, insya Allah sy ada rencana tes disana bulan depan :D

      Ada fb nya mas ? Masih mau nanya2 soal s2 UGM mas :D

      Hapus
    3. monggo silakan klik badge fb di blog ini. itungelink ke fb saya. bisa mengawalinya by pesan di fb yah...

      Hapus
    4. iya mas sy udah kirim message sy fbnya mas :D

      Mohon informasinya soal S2 di UGM

      Hapus
  13. PAPs itu untuk semua jurusan ya mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. pada jamanku iya mas... paps digunakan untuk ujian masuk UGM.. meskipun akan ada syarat lainnya dari masing masing fakultas dan prodi yang berbeda beda

      Hapus
  14. sell.. terimakasih buat semua pembaca dan calon mahasiswa pascasarjana ugm yang sudi mampir ke blog ini. saya baru liat kemarin di blog. sepertinya ada sejumlah perbedaan untuk pendaftaran antara tahun 2014ini dan tahun lalu. saya akan coba carikan info bagi pembaca sekalian, dan secepatnya memposting. nuwun

    BalasHapus
  15. mas, klo tes s2 di UGM ada tes substansi ga? klo ada, soal-soalnya bgmn?

    BalasHapus
  16. mas kao udah byar ternyata penuh gimana itu mas? hangus gak duitnya?

    BalasHapus
  17. bisa ikutan ke periode beriktnya.. tks

    BalasHapus
  18. mas, ngambil jurusan apa? kemarin nilai paps n aceptx brp?? tks

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku ambil komunikasi udah semester 2... aku intake september 2013

      Hapus
  19. Mas, aku boleh nanya seputar pendaftaran online UGM ndak? itu kan pendaftarannya online, trus kan harus submit scan sertifikat TPA kan? tp kan kata mas dftr yg 500rb itu udh sama tes TPA nya kan? trs klo pas dftr online qt belum pnya sertifikat TPA tuh gimana mas? tolong balasannya mas.. terima kasih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo mbak Diah.. maaf ya agak lama balesnya. saya niatnya mau bales langsung ke email tapi terkendala teknis. saya cari di blognya ga ada badge nya jadi agak lama. oke gini mbak jadi seingat saya angkatan september 2013 itu yang paling unik. soalnya pas angkatan kami dulu score minimal papsnya dinaikkan, terus score ITP dan Acept juga tetap. tapi setelah di evaluasi pada intake februari 2014, paps balik lagi ke 450. kalo yang sekarang saya belum cek lagi sih.

      nah masalah yang duit 500rb itu juga anomali lagi. di angkatan kami, september 2013, pendaftaran yang 500rb uda include paps dan acept. tapi saya dulu merasa ga ngerti apaitu paps dan acept yang katanya waktu itu bisa diganti pake toeflyang dikeuarkan kampus negeri di indonesia. saya ambil tes sendiri. pertimbangannya kalo gagal masih ada tesrame rame yang dikenal dg nama um ugm. terbukti paps saya lolos. lah toefl saya yg waktu itu dikeluarkan salah satu institut teknik di indonesia tidak diakui. jreng jreng... akhirnya saya harus ikutan rame rame um ugm tapi buat yang acept saja.

      sayangnya sejak intake februari 2014 ini TIDAK BERLAKU LAGI.. seprtinya HINGGA SEKARANG. jadi bagi yang mau pasca di ugm harus ambil sendiri TPA BAPPENAS atau PAPS UGM.. dan TOEFL ITP yang dikeluarkan ETS atau ACEPT UGM. jadi kalo mbak Dyah mau pasca UGM HARUS bin kudu punya salah satunya. kalo TOEFL ITP banyak kota yang udah jadi perwakilan langsung ETS, nah masalahnya ada di paps atau TPA bappenas. karena ya cuma dua itu yang dipake. kalo rumah di jawa mah gampang bisa ke jogja, kalo di luar jawa itu yang masalah karena harus ke jogja. soalnya nunggu tpa bapenas jadwalnya ga tentu

      Hapus
  20. Hallo mas, mau nanya.. nomor telpon PAPs kok sulit bgt ya dihubungi? saya uda daftar sih, cuman ragu gt karena gak ada notifikasinya.. mas waktu itu nelpon kemana yaa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masalah sama, ada solusinya ?

      Hapus
    2. karena gak ada konfirmasi via email dan telpon sulit dihubungin, saya akhirnya minta bantuin teman yg kuliah di psikologi untuk ngecek lgs ke kantor PAPs UGM nya. Dan bener ternayata nama saya belum terdaftar :(

      Hapus
  21. iya nih, barusan saya juga telpon kantor PAPs susah sekali dihubungi.
    padahal mau perlu untuk pendaftaran S2.
    share dong yang tau solusinya.
    Thanks.
    Dessy

    BalasHapus
  22. Kalau untuk telpon langsung kayanya sulit deh. Coba kirim email, saya dapat balasannya juga agak sedikit lama sih sekitar 2-3 hari. Kalau mau fast respond lebih baik datang langsung atau bagi yang tinggal di luar Jogja minta tolong kenalan atau saudara untuk datang ke kantor PAPs.

    BalasHapus
  23. coba di telpon tidak pada jam sibuk.. sebenernya mereka merespon tapi antriannya kepanjangan,,, makanya susah masuknya..

    BalasHapus